RASA TAKUT

 Wajar gak sih kalau kita merasa takut?

Kita kadang terlalu sering baca berita dan film tentang hal-hal yang mengancam jiwa seorang manusia, entah apapun itu caranya. Ternyata itu semua berpengaruh ke pikiran kita tanpa kita sadari, atau setidaknya menurut diri gue sendiri.

Akhir akhir ini banyak banget berita tentang mudahnya seseorang membunuh sesamanya. Tidak melihat umur ataupun strata. Tua - muda, kaya - miskin, berpendidikan - tidak berpendidikan. Semudah itu digelapkan matanya untuk bunuh orang. Karena sakit hati, karena cemburu, karena mau menunjukan siapa yang lebih superior. Dan gue kira di tahun 2023 ini, orang akan semakin bisa berpikir dengan baik kalo membunuh atau melukai orang itu gak seenaknya bisa dilakukan karena ego diri sendiri.

Beberapa hari lalu ada berita tentang anak muda (laki laki) umur early 20-an, berani ngegebukin cowo bocah umur 14 tahun sampai koma, alasannya karena pacarnya ngadu ke anak muda ini bahwa dulu pernah dipegang pegang pas masih pacaran sama cowo umur 14 tahun ini.

Video pemukulannya tersebar di seluruh sosial media, dan harus gue akui video itu lumayan disturbing. Nendang kepala bocah yang udah tergeletak di lantai sampai kejang. Tega.

Seperti yang sebelumnya gue bilang, banyak banget berita tentang seberapa mudahnya manusia melukai manusia lain, membuat banyak orang resah, di benak masing masing pasti sekelibat kepikiran. Bisa aja salah satu mereka adalah orang terdekat kita sendiri.

Dan keresahan itu terjadi pada gue sendiri.

-

Sejak orang tua gue adopsi satu anjing Kintamani, rumah gue udah gak sedamai dulu. Kalau dulu setiap ada suara buka kunci pintu depan pasti damai, gaada gonggongan sama sekali. Jadi orang rumah gakan tau gue atau siapapun pulang malem tuh jam berapa karena anjing kecil yang lain gak terlalu bermasalah dengan suara kunci. Plus mereka tidur di kamar orang tua gue. 

Sekarang sejak ada si kintamani ini, suara kunci, suara bel, suara pintu, orang gak dikenal pun digonggongin, sampai anjing anjing kecil lainnya ikutan melolong.Sejujurnya gue gapernah mikirin kaya wah kalo anjing gue tengah malem gonggong pasti ada orang jahat yang berusaha masuk ke rumah gue sebelumnya...

Tapi beberapa hari lalu jam 9 malam lebih, saat gue lagi asik main game di laptop dengan headphone yg kedap, bokap gue gedor gedor pintu gue. Dia bilang ada temen gue dateng. Gue bingung. Di saat itu, gue gak lagi chat janjian dengan teman teman gue, atau lebih tepatnya gak banyak juga yang tau rumah gue. Gue buru buru lari ke bawah ngarah ke pagar rumah, itu lagi hujan deras banget dan gue melihat sosok temen lama gue berdiri di luar pagar rumah yang masih ketutup. Gue kaget ngeliat temen lama gue ini. Gue udah lama banget gak ketemu dia, mungkin terakhir itu Mei 2022, dan gapernah denger lagi kabar dia. Tiba tiba berdiri di depan pagar gue dengan ekspresi kosong. 

Cuman diem ngeliatin gue.

Bahkan setelah gue buka pagar gue, dia masih berdiri diem dengan tatapan kosong dan basah kuyub karena hujan deras. gak bawa apa apa, cuman bawa badan dan handuk besar yang basah juga ngebalut nutupin kedua tangannya. Sempet mikir sekilas, kalau ini sebuah kejutan atau prank, ini akan sangat ngeselin karena mustinya dia tau betul kalo gue punya kepanikan tersendiri.

"Ngapain lo? lo bukannya di Bali?"

Mukanya tetap kosong tanpa ekspresi, dan sesekali gue ngelirik ke tangannya yang dia balut dengan handuk besar itu

"Apansih lo? gak lucu, kenapasih? ada apasih?"

Tetap hanya dijawab dengan ekspresi kosong, gue mundur sedikit karena sejujurnya banyak pikiran jahat yang muncul di kepala gue. Apasih yang ada di balik handuk itu? Gue udah mulai degdegan. Gue cuman takut orang ini ngeluarin benda tajam atau apapun itu yang bisa melukai gue. Gue takut banget dengan kapabilitas seseorang ngelukai orang lain. Yang gue tau, ini bukan lagi prank setelah akhirnya dia cuma jawab gue dengan narik handuknya dan kasih unjuk ada banyak bekas sayatan di tangannya. Sejuta kepanikan muncul dari segala arah, dari pikiran gue, mulai berat nafas. 

Dia cuman nangis, bau alkohol, minta sedikit makanan untuk isi perut, tanpa tau apa yang terjadi dengan orang ini, karena cuman mumbling sepatah dua kata. Itu pertama kalinya gue ngurusin hal-hal seperti ini, dan pertama kalinya gue takut dengan teman gue sendiri. Singkat cerita gue minta tolong salah satu temen gue juga buat bantu gendong keluar dari rumah gue dan anterin balik ke rumahnya.

Gue gak dapat satu pun penjelasan dari orang itu tentang kenapa dia ngelakuin itu sama dirinya sendiri, kenapa dia tiba-tiba dateng ke rumah gue malem malem. Yang gue rasain cuman panik malam itu, dan sedikit overthinking yang akhirnya lumayan berkembang menjadi ketakutan.

Kenapa gue bertele-tele panjang lebar nulis ini dan cerita tentang teman gue, sebenarnya simple. Karena anjing gue gonggong tibatiba tengah malam. Ketakutan gue tentang teman gue yang bisa aja dateng lagi dan ngelakuin hal di luar nalar muncul tiba tiba. Mukanya yang tanpa ekspresi justru lebih menyeramkan daripada mimpi mimpi buruk gue biasanya (mungkin karena ini di dunia nyata sih). 

Entah ini berlebihan atau tidak, tapi sekarang beberapa kali ada rasa degdeg-annya denger anjing gue gonggong malem malem. Serasa kembali ke tahun tahun 70-an, dimana kasus kriminal sangat tinggi sampe lo harus super waspada (menurut film dokumentasi pembunuhan di luar negeri).

Stay safe, everyone!

Comments

Popular Posts