Nightmares & Anxieties


Does being far from God is a sin? And is this the sign for being far from Him?

    Dari kecil gue sering banget mimpi buruk. Dengan 'sering' artinya hampir setiap hari. Mimpi dikejar, mimpi bersambung, sampai mimpi double. Gue kira mimpi buruk ini akan hilang atau setidaknya berkurang seperjalanan gue dewasa. Rupanya engga. Malah, gue merasa makin dewasa malah sampai bisa mengganggu aktivitas gue sehari hari.

    Pas gue SD sampai SMP, gue inget banget mimpinya sering berulang setiap hari. Latar tempatnya di rumah gue percis, dan ceritanya mostly tentang beberapa hantu yang ada di basement rumah gue. Gelap. Nungguin gue dari lantai bawah, ngeliatin gue yang ada di atas tangga. Beberapa minggu kemudian, mimpinya bisa sama persis bedanya dia nyambung. Dimana hantu hantu itu yang nungguin pelan pelan berani naik ke atas, dan gue cuman bisa lari ngumpet di kamar gue sambil ngeliat kolong pintu, ngeliat jejak kaki mereka yang makin mendekat.

    Bingungnya, di umur umur segitu gue bahkan belum ada ketertarikan nonton horror atau punya suatu kesedihan tersendiri. Yang gue inget, umur segitu gue masih seneng seneng tanpa beban nikmatin ketawa ketiwi drama sekolah. Tapi pas tidur malam, ya balik lagi harus ngadepin mimpi mimpi buruk.

   Yang tadinya bisa lupa karena sibuk happy go lucky, semuanya malah memburuk pas gue SMA. Gue kira setelah gue pindah ke rumah baru, mimpi tentang rumah gue yang dulu bakal hilang. Taunya enggak. Semua ceritanya sama percis cuman beda tangga dan beda rumah. Kenapa gue bilang memburuk? karena mimpi gue sampai di titik bikin beneran ngos-ngosan karena dikejar kejar seseorang atau suatu mahkluk. Dan gue juga jadi punya kesadaran kalo gue lagi mimpi, gue sadar gue harus segera bangunin diri gue sendiri gimanapun caranya.

    Mimpi mimpinya juga ga sebatas bikin ngos ngosan pas bangun, tapi berlanjut ke... ketindihan (?). Mimpi setiap malem lebih vivid dari sebelum sebelumnya. Dan setiap itu lebih vivid dari biasanya, di situ gue fully aware kalo badan gue udah gabisa gerak lagi. Gue udah gabisa bedain lagi mana mimpi dan mana yang bukan. Di menit menit gabisa bergerak dan gabisa ngomong, mungkin otak gue juga udah terpengaruh dengan ketakutan ketakutan, mulai muncul halusinasi ada bayangan atau apapun itu dan gue cuman bisa berdoa, bahkan doa gue suka sampe ga kelar karena terlalu takut hahaha. 

    Lalu muncul deh beberapa cocokologi yang dibuat sama temen temen gue, yah namanya juga anak SMA kan. Beberapa bilang kalau itu memang ketindihan mahkluk, salah satunya karena gue jauh dari Tuhan, jarang berdoa, dan gamau keluar dari atmosfir depresi gue lewat pendekatan ke Tuhan.

    Ada juga yang bilang kalau itu kesalahan dalam REM gue (?), atau karena PTSD, dan mulai kecampur dengan munculnya ketakutan ketakutan yang mungkin bikin gue akhirnya juga berlabuh ke kecemasan berlebih.

_

    Gue sejujurnya gapernah nyangka sebuah kecemasan berlebih bisa datang begitu aja di hidup gue. yang gak pernah sama sekali gue peduliin di jaman dulu. Kecemasan yang mampu bikin jantung lo berdebar cepat setiap lo bangun tidur, yang mampu bikin lo sesak nafas, mual, dan eneg tiba tiba saat lo lagi beraktivitas dan bahkan pas lo lagi senang sekalipun. Tanpa tau alasannya. Kapan aja, gak pandang waktu, gak pandang emosi.

    Setiap cemas, ketakutan yang entah apa itu akan lebih besar dan akhirnya bisa take over seluruh badan dan pikiran lo. Lo cuman bisa pasrah, nangis, dan lari kesana kemari, bingung mau pegangan ke siapa. Setidaknya itu yang gue alamin.

    Ada masa masanya gue takut untuk tidur dengan alasan bisa kebangun di pagi buta dengan perasaan gaenak, bikin gue cape ngejalanin sisa hari itu sendiri. Hampir ngerasa bentar lagi gue bisa gila, karena gue gadapet tidur atau makan yang cukup. Dan sampai pula di masa mimpi super buruk bergabung dengan bangun dalam kondisi cemas. Hal yang sampe sekarang masih menghantui gue sampai sekarang. Dan belum tau juga solusinya.

    Tapi di luar kekelaman, keseraman, dan berjuta pertanyaan, gue sangat bersyukur sih dengan orang orang yang masih mau stay saat gue ngalamin itu semua. Temen SMA gue yang untungnya kalong, dan berbaik hati nemenin gue ngobrol sampe gue ketiduran lagi. Orang orang yang ikut serta dalam nenangin dan nyaranin untuk ke konseling, bahkan pasangan gue yang juga ikutan cape dan untungnya bisa ngertiin situasi. Terimakasih yang sangat besar sih untuk siapapun itu yang bantu gue :)

_

Jadi, sebenarnya mimpi buruk, dan kecemasan itu muncul karena apa ya?

Trauma? Masalah yang belum selesai? kelainan otak?

atau karena jauh dari Tuhan?




+ andai skill gambar gue sejago Soleh Pati, mungkin hantu hantu dan mimpi buruk gue bisa jadi poster poster film horror ~(*0*)~

Comments

Popular Posts